Membangun Jiwa dengan Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa

Diposting pada: 2016-06-07, oleh : Nanang Ilham, Kategori: Agenda Perguruan Tinggi

Akper Madiun kembali sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, kali ini dalam bentuk “Pelatihan Pendampingan Keluarga dengan Masalah Kesehatan Penyakit Tidak Menular (Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa)” pada tanggal 15-16  April 2016 di Balai Desa Pilangkenceng Kec. Pilangkenceng Kab. Madiun.

Pelatihan kader kesehatan jiwa diikuti oleh 40 orang kader dari 9 desa di wilayah kerja Puskesmas Krebet, dengan rincian desa  Pulerejo 3 orang, desa Muneng 3 orang, desa Ngale 5 orang, desa Purworejo 4 orang, desa Pilangkenceng 10 orang, desa Luworo 4 orang, desa Kedungbanteng 3 orang, desa Krebet 4 orang, dan desa Wonoayu 4 orang.

Materi pelatihan diberikan oleh para pakar dari Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dalam hal ini diwakili oleh Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa (IPKJ) Jawa Timur, Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, IPKJ Kabupaten Madiun, dan dosen Akper Madiun. Pada hari pertama pelatihan, materi yang diberikan meliputi kebijakan kesehatan jiwa, konsep keperawatan kesehatan jiwa, komunikasi kader, menggerakkan masyarakat, desa siaga sehat jiwa, deteksi dini gangguan jiwa, kunjungan rumah, pengelolaan rujukan kasus, dan pendokumentasian tindakan kader dengan metode ceramah, tanya jawab, dan role play. Hari kedua, peserta dibagi menjadi 9 kelompok untuk tugas kunjungan rumah di 22 RT dan 1044 KK di desa Pilangkenceng untuk melakukan deteksi dini gangguan jiwa. Hasil dari kunjungan rumah direkapitulasi oleh peserta pelatihan dan hasilnya diserahkan ke Puskesmas dan panitia untuk ditindaklanjuti.

Kegiatan yang didanai anggaran APBD Akper Madiun yang bersumber dari dana pajak rokok pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2016 ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap positif dan kemampuan kader kesehatan jiwa dalam penanganan masalah psikososial di masyarakat. Setelah mengikuti pelatihan, kader kesehatan jiwa diharapkan mampu memahami keperawatan kesehatan jiwa di masyarakat, memahami kebijakan kesehatan jiwa di masyarakat, memahami Desa Siaga Sehat Jiwa di masyarakat, melakukan deteksi dini masalah kesehatan jiwa, menggerakkan individu, keluarga, kelompok sehat jiwa, kelompok resiko dan kelompok gangguan jiwa, melakukan rujukan kasus masalah psikososial atau gangguan jiwa pada perawat CMHN (Community Mental Health Nursing) di Puskesmas, serta melakukan pencatatan dan pelaporan kegiatan kader kesehatan jiwa.

Kader kesehatan jiwa terpilih memiliki kriteria sanggup bekerja secara sukarela, mendapat kepercayaan dari masyarakat serta mempunyai kredibilitas yang baik dimana perilakunya menjadi panutan masyarakat, memiliki jiwa pengabdian yang tinggi, pendidikan minimal SMA atau sederajat, sanggup membina masyarakat sekitarnya, dan berdomisili di desa wilayah kerja Puskesmas Krebet kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. (as/nis)


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

JADWAL MATAKULIAH 20161

JADWAL MATAKULIAH SEMSETER 20161 GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016/ 2017 DAPAT DI UNDUH

Diterbitkan pada: 2016-09-04 Oleh: Ali Haidarillah

Perkuliaan Semeseter Genap

pada tanggal 2017-02-20
Tempat : Akademi Keperawatan Dr. Soedono Madiun
Keterangan : Perkulihaan Semester Genap di mulai 20 Februari 2017 dimohon untuk registrasi 13 -19 Februari 2017 dan membayar spp.. untuk pembayaran bisa dilakuakan via transfer an. Penerimaaan Akper Madiun Rek. 0051033183 Bank Jatim Kcp. Madiun

Pendaftaran PMB AKPER

pada tanggal 2017-03-01
Tempat : Akademi Keperawatan madiun
Keterangan : Pendaftaran PMB AKPER Dr. SOEDONO Belum dibuka.. informasi lebih lanjut akan disampaikan via web

www.m-edukasi.web.id blog guru
251715 Total Hits Halaman
88462 Total Pengunjung
45 Hits Hari Ini
24 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online