Menanamkan Pengetahuan Kesehatan Sejak Dini melalui Pelatihan Dokter Kecil

Diposting pada: 2016-05-25, oleh : Nanang Ilham, Kategori: Agenda Perguruan Tinggi

Usia sekolah merupakan masa dimana tahap perkembangan otak dapat menerima stimulan dengan baik, pengetahuan yang diberikan pada masa ini akan lama bertahan dalam ingatan seseorang. Pendidikan kesehatan sejak dini khususnya pada usia sekolah merupakan dasar yang sangat penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, siswa hendaknya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang kesehatan sehingga dapat berperan aktif menjadi penggerak upaya hidup bersih dan sehat, dalam rangka mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Untuk mencapai tujuan tersebut Akper Madiun melaksanakan Pelatihan Dokter Kecil bagi siswa sekolah dasar untuk menjadi kader kesehatan di sekolah. Dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Secara umum, kegiatan yang didanai APBD Akper Madiun yang bersumber dari dana pajak rokok Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2016 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap positif dan keterampilan peserta didik berkaitan dengan pelaksanaan program UKS. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, peserta didik dapat memahami program UKS dan Dokter Kecil, bersikap dan berperilaku sehat, membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanan di sekolah, melakukan pengenalan tanda-tanda penyakit, melakukan pengamatan kebersihan di sekolah, dan membuat laporan kegiatan dokter kecil.

Kegiatan pelatihan dokter kecil Periode I dilaksanakan di SD Krebet 1 pada tanggal 16-17 Pebruari 2016, diikuti oleh 40 siswa dari 9 SD meliputi SD Krebet 1 dan 2, SD Kedungbanteng 1 dan 2, SD Ngale, SD Luworo 1, 2, dan 3, SD Moneng. Sedangkan Periode II dilaksanakan di SD Purworejo 2 pada tanggal 23-24 Pebruari 2016, diikuti oleh 40 siswa dari 8 SD meliputi SD Purworejo 1 dan 2, SD Pulerejo 1, 2, dan 3, SD Wonoayu, SD Pilangkenceng 1 dan 2. Peserta adalah siswa yang mempunyai kriteria belum pernah mendapatkan pelatihan dokter kecil, berprestasi di sekolah, berbadan sehat, berwatak pemimpin dan bertanggung jawab, berpenampilan bersih dan berperilaku sehat, berbudi pekerti baik dan suka menolong, dan mendapat izin orangtua.

Pemateri pelatihan dokter kecil berasal dari Dinkes Kabupaten Madiun, tim UKS Puskesmas Krebet yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, petugas gizi, dan petugas sanitasi serta dosen Akper Madiun. Pemberian materi dilakukan dengan metode role play, ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Materi pelatihan yang diberikan kepada peserta terdiri dari:

  1. Konsep UKS dan Dokter Kecil
  2. Kesehatan Lingkungan
  3. Pencegahan Penyakit Menular
  4. Kesehatan Gigi dan Mulut
  5. Imunisasi
  6. Kesehatan Mata dan Telinga
  7. Gizi Anak Sekolah dan Jajanan Sehat
  8. NAPZA
  9. P3K
  10. Praktik meliputi: pemeriksaan jentik nyamuk, cuci tangan 7 langkah, menggosok gigi dengan benar, timbang badan dan mengukur tinggi badan, mengisi KMS anak sekolah, dan P3K.

Kegiatan pelatihan dokter kecil dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan yang berarti, peserta pelatihan antusias mengikuti pelatihan mulai awal hingga akhir pelaksanaan. Semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam rangka peningkatan penyelenggaran kegiatan kepada masyarakat, dan bagi peserta pelatihan dokter kecil supaya bisa mengaplikasikan ilmunya dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. (as/nis)


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

JADWAL MATAKULIAH 20161

JADWAL MATAKULIAH SEMSETER 20161 GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016/ 2017 DAPAT DI UNDUH

Diterbitkan pada: 2016-09-04 Oleh: Ali Haidarillah

Perkuliaan Semeseter Genap

pada tanggal 2017-02-20
Tempat : Akademi Keperawatan Dr. Soedono Madiun
Keterangan : Perkulihaan Semester Genap di mulai 20 Februari 2017 dimohon untuk registrasi 13 -19 Februari 2017 dan membayar spp.. untuk pembayaran bisa dilakuakan via transfer an. Penerimaaan Akper Madiun Rek. 0051033183 Bank Jatim Kcp. Madiun

Pendaftaran PMB AKPER

pada tanggal 2017-03-01
Tempat : Akademi Keperawatan madiun
Keterangan : Pendaftaran PMB AKPER Dr. SOEDONO Belum dibuka.. informasi lebih lanjut akan disampaikan via web

www.m-edukasi.web.id blog guru
251749 Total Hits Halaman
88462 Total Pengunjung
79 Hits Hari Ini
24 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online