PROFESIONAL PERAWAT DIWUJUDKAN MELALUI STANDARISASI KOMPETENSI

Diposting pada: 2015-10-12, oleh : Ali Haidarillah, Kategori: Tanpa Kategori

 

Ketua 2 Pengurus PPNI Jawa Timur Dr AV Sri Suhardiningsih, S.Kp. M.Kes mengatakan jika melihat tantangan globalisasi saat yang semakin kompetitif serta kuatnya arus globalisasi dalam bidang kesehatan. Hali ini merupakan suatu tangtangan bagi tenaga kesehatan Indonesia untuk lebih serius meningkatkan kualitas 

Menjawab tantangan globalisasi dibidang kesehatan salah satunya keperawatan, Para Perawat Indonesia harus kian maju, keperawatan membutuhkan pengetahuan dan kompetisi yang memadai untuk bisa memberikan pelayanan profesional.

Pengetahuan dan kompetensi perawat menurut Suhardiningsih sangat penting dan harus dilakukan standarisasi secara nasional. hal ini diwujudkan dalam pelaksanaan uji kompetensi perawat, ini bertujuan agar menjamin lulusan pendidikan tinggi kesehatan yang lebih berkompenten dan terstandar secara nasional.

lebih lanjut perempuan yang sejak kecil bercita cita sebagai perawat ini menerangkan penyelenggaraan uji kompetensi bagi perawat juga untuk menjamin kompetensi para lulusannya dalam menjalankan tugas profesi, Uji Kompetensi juga menjadi upaya PPNI jawa Timur bersama pemerintah sebagai proses registrasi perawat dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Sementara soal profesionalitas seorang perawat, Suhardiningsih menegaskan mutlak dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat saat ini. Sifat profesional tersebut menjadi pembeda dengan profesi profesi lainya. sifat profesional tersebut juga dibutuhkan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pasien.

Perawat profesional salah satunya perawat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang seimbang sebagai dasar pengelolaan pasien yang aman dan efektif. "tentunya sifat profesional tersebut akan mampu diwujudkan melalui standarisasi kompetensi tenaga perawat melalui pelaksanaan uji kompetensi. Tanpa standarisasi kompetensi hanya akan mememunculkan perawat perawat yang tidak profesional yang pada akhirnya akan memberikan pengaruh negatif bukan hanya bagi individu perawat, masyarakat termasuk juga bagi organisasi profesi perawat, bangsa dan negara ." Ujarnya.

Suhardiningsih melihat bahwa saat ini tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan dari para perawat semakin meningkat. Seiring dengan tuntutan tersebut maka perawat harus terus membekali diri dengan ilmu dan pengalamanya.

kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kesehatan yang terus berkjembang pesat, kualitas kompetensi dan profesionalisme tenaga perawat pun harus mengikuti "jika itu terjadi, harapan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang diidamkan masyarakat, dengan sendirinya akan terpenuhi." piungkasnya. wan/luk

 

*disadur dari buletin perawat edisi september 2015


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

JADWAL MATAKULIAH 20161

JADWAL MATAKULIAH SEMSETER 20161 GANJIL TAHUN AKADEMIK 2016/ 2017 DAPAT DI UNDUH

Diterbitkan pada: 2016-09-04 Oleh: Ali Haidarillah

Perkuliaan Semeseter Genap

pada tanggal 2017-02-20
Tempat : Akademi Keperawatan Dr. Soedono Madiun
Keterangan : Perkulihaan Semester Genap di mulai 20 Februari 2017 dimohon untuk registrasi 13 -19 Februari 2017 dan membayar spp.. untuk pembayaran bisa dilakuakan via transfer an. Penerimaaan Akper Madiun Rek. 0051033183 Bank Jatim Kcp. Madiun

Pendaftaran PMB AKPER

pada tanggal 2017-03-01
Tempat : Akademi Keperawatan madiun
Keterangan : Pendaftaran PMB AKPER Dr. SOEDONO Belum dibuka.. informasi lebih lanjut akan disampaikan via web

www.m-edukasi.web.id blog guru
251714 Total Hits Halaman
88462 Total Pengunjung
44 Hits Hari Ini
24 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online